
Perusahaan call center di Indonesia semakin berkembang, karena semakin banyak perusahaan yang membutuhkan jasa call center maupun customer service untuk menjawab kebutuhan konsumen. Selain menjaga layanan yang diberikan, call center juga merupakan ujung tombak untuk mendapatkan pelanggan serta memberikan pelayanan after sales. Ini sangat penting untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan dan tetap loyal terhadap produk yang dijual atau ditawarkan.
Kenapa Perusahaan Call Center di Indonesia Menjadi Faktor Penting?
Mungkin ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Kenapa call center sangat krusial bagi perusahaan? Jawabannya sudah sangat jelas, bahwa kepuasan pelanggan akan membuat pelanggan menjadi loyal. Dengan loyalitas tersebut, pelanggan akan tetap membeli apapun yang ditawarkan, selama layanan yang diberikan memuaskan dan apabila hal tersebut berlanjut dan dapat menarik banyak konsumen. Maka pendapatan perusahaan tentu akan meningkat.
Call center merupakan tulang punggung perusahaan, namun banyak perusahaan di indonesia menggunakan jasa call center dari pihak luar perusahaan atau pihak ketiga. Ini dilakukan karena beberapa alasan. Bahkan banyak perusahaan besar yang yang memiliki banyak pelanggan yang tersebar di seluruh negeri menggunakan perusahaan jasa call center. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini dapat terjadi. Diantaranya adalah :
Jumlah Pelanggan Yang Sangat Banyak
Ada banyak perusahaan nasional maupun multinasional menggunakan jasa perusahaan call center untuk dapat mengelola konsumen mereka yang sangat banyak tentu membutuhkan sumber daya yang sangat banyak pula. Oleh sebab itu perusahaan jasa call center sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Karena perusahaan yang menjual jasa atau barang juga memiliki keterbatasan dalam pengelolaan layanan service-nya. Dengan begitu mereka membutuhkan adanya jasa pihak ketiga berupa perusahaan call center
Efisiensi Anggaran Perusahaan
Selain membutuhkan SDM yang sangat banyak, faktor efisiensi anggaran juga menjadi faktor penting kenapa perusahaan membutuhkan pihak ketiga dalam mengelola layanan service mereka. Karena untuk mempekerjakan orang, perusahaan harus mempertimbangkan beban gaji serta tunjangan yang dibayarkan kepada karyawan. Oleh karena itu perusahaan jasa call center menjadi solusi dalam efisiensi anggaran perusahaan.
Tidak Membutuhkan Waktu Yang Lama

Selain biaya, waktu juga dapat menjadi pertimbangan untuk menggunakan jasa layanan tersebut. Karena untuk mempekerjakan orang yang berpengalaman membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Perlu ada training dan pelatihan khusus yang dilakukan agar seorang call center dapat bekerja dengan maksimal. Bagi banyak perusahaan besar, hal tersebut menjadi kendala utama. Banyak diantara perusahaan tersebut memiliki target lain seperti penjualan dan peningkatan layanan. Sehingga menggunakan jasa layanan call center dapat menjadi jawaban yang tepat.
Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan Perusahaan
Kemudahan yang lainnya, adalah Anda dapat menyesuaikan kebutuhan berapa banyak kah SDM yang dibutuhkan untuk memenuhi target penjualan atau penanganan pelanggan. Ketika terjadi penurunan atau peningkatan terhadap permintaan call center dan customer service perusahaan dapat menyesuaikan SDM tanpa perlu mem-PHK karyawan dan memberikan pesangon.
Perusahaan Call Center Memiliki SOP Yang Matang
Keuntungan terakhir adalah perusahaan jasa call center biasanya sudah memiliki SOP yang matang tentang bagaimana memperlakukan konsumen dengan baik dan benar. Selain itu, perusahaan juga diuntungkan dengan hal ini. Karena dapat fokus untuk menganalisa layanan yang sudah diberikan. Sektor manakah yang masih menjadi kekurangan dan dapat ditingkatkan lagi
Layanan Yang Diberikan Perusahaan Call Center
Untuk mencapai segala target yang ditetapkan, ada berbagai layanan yang dapat diberikan. Diantaranya adalah :
Inbound dan Outbound Call center
Layanan call center terbagi menjadi dua jenis, yaitu inbound dan outbound call center. Umumnya inbound call center lebih sebagai penerima telepon dari pelanggan yang membutuhkan informasi mengenai produk, layanan service hingga keluhan yang ingin diajukan. Jadi inbound call lebih bersifat teknikal. Oleh sebab itu, ini penting dalam rangka memenuhi kepuasan pelanggan.
Sedangkan outbound call adalah layanan telepon yang dilakukan oleh call center dengan tujuan untuk memperluas leads sales maupun untuk program customer retention. Namun outbound call juga dapat berfungsi sebagai pengumpul informasi melalui survey yang dilakukan.
Laporan Terkait Telepon Atau Panggilan Yang Dilakukan
Layanan yang diberikan lainnya adalah berbentuk sebuah laporan. Laporan ini penting untuk dapat di analisa sebagai masukan terhadap kinerja marketing maupun layanan yang diberikan perusahaan. Dengan laporan ini Anda mengetahui berapa jumlah telepon yang masuk.
Apakah telepon yang masuk merupakan keluhan, pengaduan ataupun berupa masukan agar perusahaan dapat memberikan layanan yang lebih baik kemudian hari. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui sektor manakah yang membutuhkan peningkatan lagi. Dengan banyaknya komponen bisnis dalam suatu perusahaan. Akan lebih baik jika laporan dan hasil rekaman telepon dapat tersusun dengan rapi serta bisa menjadi masukan yang penting bagi perusahaan.
Perusahaan Yang Menggunakan Jasa Call Center
Karena perannya sangat penting, banyak perusahaan yang menggunakan jasa call center dengan berbagai layanan. Khususnya perusahaan yang customer related seperti inventory, e-commerce ataupun perusahaan jasa.
- Berikut adalah beberapa industri yang menggunakan jasa call center adalah :
- Perusahaan E-commerce atau online shop
- Perusahaan yang bergerak di bidang logistik atau pengiriman barang.
- Perusahaan telekomunikasi
- Perusahaan perbankan
- Perusahaan jasa transportasi dan masih banyak lagi
Dengan berbagai manfaat serta layanan yang ditawarkan, perusahaan call center di Indonesia mulai dapat mempertimbangkan menggunakan jasa ini. Mengingat ada banyak solusi yang ditawarkan membuat kinerja perusahaan dapat lebih maksimal menangani hal lain yang lebih penting.
Temukan semua yang perlu Anda ketahui tentang Call Center Outsourcing dengan mengunjungi website Linksindo.