Customer Relationship Management

CRM (Customer Relationship Management) adalah suatu Management Hubungan Pelanggan dan telah menjadi satu strategi marketing yang saat ini banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan yang menginginkan pelanggan mereka tetap membeli produk atau jasa mereka. Inti dari CRM adalah untuk mengatur serta meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pelanggan baru maupun lama dalam kondisi baik-baik saja.

Oleh karena itu, sesuai dengan namanya, CRM menempatkan layanan pelanggan sebagai pusat dari strategi dan pelaksanaannya. untuk mengetahui apa saja kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan maksimal. Relevansi menjadi salah satu kata kunci dalam dunia CRM. Akibatnya, pengenalan terhadap Profil Pelanggan menjadi sangat penting.

Program CRM yang dijalankan oleh perusahaan umumnya terkait dengan aktivitas yang ditujukan untuk menciptakan keuntungan finansial dan non-financial kepada suatu perusahaan. Beberapa aktivitas CRM diantaranya : Akuisisi Pelanggan, Retensi Pelanggan, Pengembangan Pelanggan secara efektif, efisien dan terarah sesuai dengan Segmentasi Pelanggan untuk menciptakan “Customer Lifetime Value” yang optimal.

Suatu Program CRM yang berhasil membutuhkan Desain Program CRM yang tepat, yang didukung oleh team Data dan Analytics yang memiliki kemampuan untuk memonitor performa program dan juga melakukan segmentasi berdasarkan data pelanggan yang ada.

Tak kalah pentingnya, Program CRM juga membutuhkan System CRM yang memadai yang dapat :

  • Mengelola data pelanggan yang sangat kompleks baik dari sisi jumlah maupun kedalaman data
  • Melakukan integrasi dengan berbagai platform baik dari sisi front-end yang digunakan oleh pelanggan maupun back-end.
  • Melakukan komunikasi atau kampanye marketing untuk pelanggan sesuai dengan segmentasi dan “Consumer Journey” yang telah di-desain

Berbagai keuntungan yang dapat diraih oleh perusahaan yang berhasil melakukan Program CRM, diantaranya:

  • Peningkatan Laba Perusahaan melalui Up-Selling dan Cross-Selling
  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui penggunaan informasi pelanggan yang terintegrasi
  • Penciptaan konsistensi, prosedur dan proses saluran komunikasi
  • Kedekatan dengan pelanggan yang memungkinkan perusahaan untuk dapat mengetahui dan memonitor pendapat ataupun keluhan dari pelanggan
  • Dapat membuat pemetaan terhadap pelanggan tentang apa saja kebutuhan dan ekspektasi yang diharapkan dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
  • Sebagai sarana integrasi dengan sales. Dengan kata lain, CRM memang memberikan layanan untuk mengelola antara kebutuhan pelanggan dan penawaran terhadap produk. Jika hal ini dapat terwujud, maka perusahaan akan sangat diuntungkan karena selain mendapat informasi mengenai pelanggan. Perusahaan juga mendapatkan sales sebagai bagian dari pendapatan yang dimiliki perusahaan.
  • Dan yang terakhir adalah sebagai sarana riset  dan pengembangan produk demi dapat memenuhi segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh pelanggan

W Group adalah suatu grup perusahaan yang dapat membantu Anda mewujudkan usaha Anda untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih tinggi. Kami memiliki pengalaman yang luas dalam berbagai proyek CRM, Digital Marketing dan Managemen Interaksi Pelanggan.

Untuk CRM pada khususnya, W Group tidak hanya mendesain program CRM, tetapi juga membangun dan melaksanakannya. Dengan demikian, W Group akan mengerahkan segala Insight yang dimiliki untuk dapat memenuhi kebutuhan Anda akan Customer Relationship Management (CRM).

Kami percaya bahwa kapabilitas team kami yang antara lain terdiri dari Team Perencanaan, Data & Analisa, Tehnology dan Managemen Program / Campaign dapat membantu anda untuk mewujudkan tujuan CRM perusahaan Anda.