Tujuan dari setiap perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis yang sedang dijalankan. Untuk mencapai tujuan tersebut ada berbagai cara dan upaya yang dapat dilakukan. Seperti melakukan berbagai brand activation, memasang iklan ataupun melakukan usaha berupa  aplikasi Customer Relation Management (CRM). 

Apa Itu Customer Relationship Management (CRM)?

Untuk yang terakhir disebut diatas, mungkin masih banyak orang yang kurang familiar dengan istilah CRM. Pada dasarnya CRM adalah sebuah alat pengumpul informasi yang dibutuhkan dalam sebuah model bisnis. 

Dengan menggunakan aplikasi CRM Anda akan mendapatkan informasi mengenai individu yang berkaitan dengan bisnis. CRM dapat digunakan untuk memahami prilaku konsumen, rekan bisnis bahkan supply untuk bisnis Anda.

Kegunaan Aplikasi CRM

Secara singkat aplikasi CRM membantu perusahaan untuk dapat menganalisis hal-hal yang berkaitan dengan bisnis mereka. Dengan tujuan akhir adalah untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, meningkatkan performa layanan dan menambah nilai pendapatan perusahaan. 

Umumnya strategi CRM digunakan oleh divisi sales dan marketing ataupun bagian public relation untuk mengetahui adakah upaya potensial untuk meningkatkan pendapatan ataupun memperbaik layanan yang diberikan. Serta membangun hubungan baik dengan pelanggan dan menambah pelanggan baru yang potensial. 

Informasi yang didapat sendiri sangatlah bermanfaat bagi perusahaan. Seperti pola pembayaran, waktu pembelian, tren yang sedang terjadi. Informasi ini dapat menjadi acuan untuk memahami pola yang terjadi pada pelanggan dan strategi yang diperlukan terhadap bisnis.

Pengguna Aplikasi CRM

Karena CRM adalah sebuah aplikasi untuk mengumpulkan data pelanggan dalam meningkatkan bisnis. Maka CRM dapat digunakan oleh segala kalangan bisnis. Mulai dari UKM ataupun perusahaan nasional ataupun multinasional.

Namun, yang paling umum menggunakan adalah CRM adalah tim marketing dan tim customer service guna memberikan layanan terbaik pada pelanggan. Karena mereka bertanggung jawab untuk melakukan penjualan dan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kedua aspek tersebut merupakan aspek yang penting bagi perusahaan sehingga membutuhkan data dan informasi yang tepat dan jelas guna mencapai tujuan.

Keuntungan Menggunakan CRM

keuntungan menggunakan aplikasi CRM

Seperti yang sudah dibahas diatas, tujuan dari sebuah bisnis adalah dapat memberikan sebuah pelayanan prima dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Aplikasi ini dapat membuat Anda memahami lebih detail tentang pelanggan secara lebih mendalam. Anda dapat memuat informasi yang betul-betul dibutuhkan seperti kegiatan pelanggan Anda di medsos, apa yang ia suka atau tidak suka. Informasi mengenai kompetitor dari pelanggan.

Hal ini sangatlah penting mengingat di era modern seperti sekarang, teknologi merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat. Sehingga banyak transaksi yang melibatkan teknologi seperti pembelian barang non tunai, melalui aplikasi e-commerce dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh dengan menggunakan CRM maka Anda dapat menelusuri kegiatan pelanggan

Mulai dari ketika pertama membeli, lalu melakukan pembayaran sampai memberikan review terhadap barang atau jasa yang diberikan.

Dengan mekanisme tersebut akan sangat banyak informasi yang didapatkan dari kegiatan tersebut. CRM diibaratkan bank data yang digunakan untuk mengolah banyaknya informasi yang didapatkan menjadi sebuah insight bagi perusahaan guna mendapatkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan kepuasan pelanggan dan memaksimalkan pendapatan. Ada beberapa manfaat lain diantaranya : 

  • Meningkatkan Aspek Loyalitas Pelanggan

Ada beberapa aspek yang diharapkan meningkat setelah menggunakan CRM, seperti peningkatan penjualan, peningkatan konversi dari iklan terhadap penjualan, peningkatan kepuasan pelanggan dan peningkatan pendapatan.

  • Mengidentifikasi Potensi 

Anda dapat mengidentifikasi potensi dari informasi yang dikumpulkan oleh CRM. Dengan begitu, Anda dapat fokus mengejar target potensi-potensi penjualan tersebut secara akurat untuk meminimalisir trial and error yang akan memakan biaya dan waktu yang cukup banyak.

  • Meningkatkan Pendapatan Dari Loyalitas Pelanggan

Dalam upaya memberikan pelayanan maksimal terhadap pelanggan. Akan menimbulkan rasa puas. Dan pelanggan yang puas akan cenderung melakukan pembelian yang sama terhadap barang yang dijual. Berdasarkan penelitian, mempertahankan pelanggan yang loyal akan menghabiskan uang 33% lebih banyak. Dan tentu akan meningkatkan pendapatan perusahaan

  • Meningkatkan Customer Service

Kini pelanggan mengharapkan layanan yang baik dan responsif. Dengan menggunakan CRM Anda dapat menelaah keluhan yang dilayangkan, sehingga Anda dapat merespon dengan cepat dan memberikan layanan yang memuaskan. Ini sangat penting terkait menjalin hubungan baik dengan pelanggan untuk tetap loyal.

  • Mengurangi Biaya Marketing

CRM juga dapat meningkatkan efisiensi biaya yang diperlukan. Untuk dapat melakukan strategi marketing yang tepat dibutuhkan informasi yang jelas dan akurat, CRM dapat mengakomodasi hal tersebut. Sebaliknya jika informasi yang disajikan kurang jelas dan tidak akurat, maka akan dibutuhkan waktu dan biaya lebih guna menemukan formula marketing yang sesuai bagi target pelanggan Anda.

  • Mendapatkan Pelanggan Baru

Terakhir adalah Anda dapat memperluas pasar yang Anda tuju dengan memberikan pelayanan yang baik. Berdasarkan penelitian pelanggan yang puas cenderung akan merekomendasikan produk terhadap orang sekitarnya. Dengan memperhatikan aspek kepuasan pelanggan maka Anda berpotensi untuk mendapatkan pelanggan baru.